Skip to content

Menyingkap Rahasia Bisnis: Apa Itu Proses Bisnis Dan Mengapa Penting?

  • by

Proses bisnis adalah serangkaian tugas atau aktivitas bisnis yang dijalankan secara terstruktur, terorganisir, dan saling berkaitan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pengertian Proses Bisnis

Proses bisnis dapat diartikan sebagai suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan.

Manajemen Proses Bisnis: Definisi, Tahapan, dan Kelebihan
Manajemen Proses Bisnis: Definisi, Tahapan, dan Kelebihan

Proses bisnis dapat digambarkan sebagai sebuah aliran kerja yang dimulai dari input, kemudian diproses, dan menghasilkan output. Input dapat berupa bahan baku, informasi, atau data. Proses adalah serangkaian aktivitas yang mengubah input menjadi output. Output dapat berupa produk, jasa, atau informasi.

Fungsi Proses Bisnis

Proses bisnis memiliki beberapa fungsi penting dalam suatu perusahaan, yaitu:

Mencapai tujuan perusahaan. Proses bisnis yang efektif dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Misalnya, proses bisnis penjualan yang efektif dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Proses bisnis yang efisien dapat membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya secara lebih efektif. Misalnya, proses bisnis produksi yang efisien dapat membantu perusahaan untuk mengurangi biaya produksi.
Meningkatkan kualitas produk atau layanan. Proses bisnis yang baik dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas. Misalnya, proses bisnis pemrosesan pesanan yang baik dapat membantu perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.
Meningkatkan kepuasan pelanggan. Proses bisnis yang lancar dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya, proses bisnis pengiriman yang lancar dapat membantu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

Improve Proses Bisnis, Yuk! - PROXSISGROUP
Improve Proses Bisnis, Yuk! – PROXSISGROUP

Jenis Proses Bisnis

Proses bisnis dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai kriteria, yaitu:

Berdasarkan fungsinya, proses bisnis dapat dikelompokkan menjadi:

Proses bisnis utama (core business processes), yaitu proses bisnis yang berkaitan dengan aktivitas utama perusahaan, seperti proses produksi, proses penjualan, dan proses pemasaran.
Proses bisnis pendukung (support business processes), yaitu proses bisnis yang mendukung aktivitas utama perusahaan, seperti proses sumber daya manusia, proses keuangan, dan proses akuntansi.

Berdasarkan tingkatannya, proses bisnis dapat dikelompokkan menjadi:

Proses bisnis strategis, yaitu proses bisnis yang berkaitan dengan tujuan jangka panjang perusahaan.
Proses bisnis taktis, yaitu proses bisnis yang berkaitan dengan tujuan jangka menengah perusahaan.
Proses bisnis operasional, yaitu proses bisnis yang berkaitan dengan tujuan jangka pendek perusahaan.

Berdasarkan hubungannya dengan pelanggan, proses bisnis dapat dikelompokkan menjadi:

Proses bisnis internal, yaitu proses bisnis yang tidak melibatkan pelanggan.
Proses bisnis eksternal, yaitu proses bisnis yang melibatkan pelanggan.

Tahapan Proses Bisnis

Proses bisnis dapat dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

Analisis. Tahap ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses bisnis yang ada dan untuk memahami tujuan dari masing-masing proses bisnis.
Desain. Tahap ini bertujuan untuk merancang proses bisnis yang baru atau untuk memperbaiki proses bisnis yang ada.
Implementasi. Tahap ini bertujuan untuk menerapkan proses bisnis yang baru atau yang telah diperbaiki.
Pengukuran dan pengendalian. Tahap ini bertujuan untuk mengukur kinerja proses bisnis dan untuk mengendalikan proses bisnis agar tetap berjalan sesuai dengan tujuannya.

Kesimpulan